banner atas

Jasa Maket Jakarta

DARA HARDIAN | Jasa Maket Miniatur Jakarta
Spesialis Jasa Pembuatan dan Desain Maket Miniatur profesional

Telp./WA : 0858-8978-8655
Workshop : Bekasi Jawa barat Indonesia
www.JasaPembuatanMaket.net


Bahan-bahan yang Sering Digunakan dalam Pembuatan Maket Oleh Jasa Maket Jakarta

Maket berfungsi sebagai miniatur untuk bangunan atau keadaan tertentu yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Untuk membuat maket semirip mungkin dengan aslinya maka pembuat maket menggunakan bahan-bahan tertentu. Bahan-bahan yang digunakan tidak hanya sekedar bahan biasa, namun tentunya bahan yang berkualitas. Apalagi jasa maket Jakarta selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk pelanggannya. Bahan-bahan apa saja yang digunakan?










10 Bahan Pembuatan Maket Yang Digunakan Jasa Maket Jakarta

Bahan-bahan pembuatan maket agar hasil maket sesuai dengan desain dan kenyataan antara lain:

1. PVC Sheet

PVC Sheet seringkali menggunakan yang ketebalannya satu milimeter. Kemudian mika setebal satu milimeter juga dan akrilik lembaran yang tebalnya antara dua milimeter hingga lima milimeter. Pemotongan ketiga bahan ini bisa saja menggunakan cara manual. Namun untuk mendapatkan hasil yang bagus maka biasanya dilakukan pemotongan dengan sistem laser cutting. Sebelum dilakukan pemotongan dibuat dahulu cetakan agar ukurannya sesuai dengan yang diinginkan.

2. Kayu Gabus

Kayu gabus merupakan nama lain dari kayu balsa. Jenis kayu balsa sendiri merupakan kayu yang sangat empuk karakteristiknya. Oleh sebab itulah kayu balsa seringkali disebut sebagai kayu gabus. Karena lembut kayu ini bisa dipotong secara manual menggunakan cutter. Untuk hasil pemotongan yang bagus sebaiknya kayu balsa digambari dulu dengan pensil bentuk motif yang dibutuhkan.

3. Kertas Ivory

Kertas ivory yang dibutuhkan ialah kertas dengan ketebalan nol koma tujuh puluh lima milimeter. Untuk kertas ivory yang memiliki ketebalan kurang dari itu seringkali tidak bisa digunakan karena terlalu tipis. Selain tipis kertasnya juga terlalu lentur sehingga sulit untuk dibentuk-bentuk sebagai bangunan. Fungsi kertas ini ialah membentuk bangunan-bangunan pada maket-maket yang dibuat oleh jasa maket Jakarta dan memiliki skala besar. Kelebihan dari kertas ini ialah mudah dipotong menggunakan cutter atau alat pemotong lainnya.

4. Rumput Sintesis

Rumput sintesis merupakan media pendukung yang digunakan dalam pembuatan maket. Seringkali bangunan-bangunan maket akan terkesan tidak hidup jika tidak ada rumput sintesis. Karena itu rumput sintesis dibutuhkan untuk membuat tampilan maket menjadi lebih hijau. Dewasa ini program-program penghijauan di berbagai daerah sangat digalakkan. Karena itulah membuat maket tampil kehijauan akan semakin membuat tampilan maket Anda menarik.

5. Kertas Duplek Coklat

Fungsi kertas duplek coklat ialah melapisi kertas ivory yang memiliki ketebalan nol koma tujuh puluh lima milimeter. Lapisan kertas duplek untuk kertas ivory hanya pada maket-maket yang memiliki skala kecil hingga skala sedang. Ketebalan lapisan duplek coklat pada kertas ivory untuk menentukan ketebalan dinding setelah diskala.

6. Serbuk Rumput Tabur

Jika rumput sintesis merupakan rumput yang berwarna hijau, maka warna serbuk rumput tabur berbeda. Rumput tabur sendiri merupakan rumput buatan yang dibuat dari serbuk kayu yang bersisa. Warna-warnanya bisa bervariasi tidak hanya warna hijau, bahkan ada warna biru dan abu-abu. Cara penggunaan serbuk ini cukup mudah, tinggal tempelkan lem pada media yang akan ditaburi serbuk, lalu taburkan serbuk pada area lem.

7. Miniatur Pohon dan Daun Kering

Selain rumput sintesis dan serbuk rumput tabur, bahan lain yang digunakan oleh jasa maket Jakarta ialah miniatur pohon dan daun kering. Miniatur pohon dan daun kering juga digunakan untuk membuat maket bernilai realistis. Tidak hanya untuk membuat realistis namun miniatur pohon dan daun kering juga bisa memperindah maket. Bangunan-bangunan yang diciptakan dalam maket akan dibuat semakin hidup dengan miniatur pohon. Tinggi miniatur pohon juga banyak variasinya sehingga Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Sedangkan untuk daun kering ukurannya dua hingga tiga milimeter yang bisa mempercantik nuansa yang ada pada maket.

8. Miniatur Figuran

Aksesoris lainnya yang bisa digunakan untuk menghidupkan maket ialah miniatur figuran. Miniatur figuran sendiri bisa terdiri dari anak-anak. hewan, pekerja bangunan dan figuran-figuran lainnya. Tinggi dan bentuk miniatur figuran jenisnya ada banyak, Anda tinggal menggunakannya sesuai kebutuhan. Untuk miniatur jenis ini memang bukanlah inti dari sebuah maket, namun keberadaannya menghidupkan maket dan membuat maket menjadi terlihat realistis.

9. Blok Mini

Dalam pembuatan maket berupa rumah atau gedung tentunya bentuk lantai juga akan diperhatikan. Untuk mewujudkan lantai tersebut Anda bisa menggunakan blok mini. Blok mini bisa digunakan untuk dinding ataupun lantai keramik. Bentuknya berupa lembaran kertas yang berukuran dua puluh satu centimeter kali tiga puluh centimeter.

10. Kertas Beermat

Kertas ini merupakan media yang digunakan dalam pembuatan dinding bangunan. Bahan dasar dari kertas ini ialah bubur kertas. Karena bahannya berasal dari bubur kertas maka daya serapnya sangat tinggi.

Bahan-bahan di atas merupakan bahan yang sering digunakan oleh jasa maket Jakarta. Jika Anda menginginkan maket yang realistis dan indah Anda bisa memesannya melalui jasapembuatanmaket.net. Disini Anda akan bertemu dengan pembuatan maket yang berpengalaman dan sangat profesional.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jasa Maket Jakarta"

Posting Komentar